Tutorial Generate SHA-1 Key Untuk Mode Release

Bismillahirrohmanirrohiim.

Sebagai android developer, terkadang kita ingin agar aplikasi yang dibuat diupload ke Google Play Store, namun untuk bisa jalan dengen mulus ketika aplikasi sudah tampil di playstore ada beberapa pengaturah khusus.

Kenapa aku bilang khusus? Untuk sebagian dari kita yang menggunakan layanan Google di aplikasi yang kita buat kita diperlukan untuk membuat API Key dari Api Console. Nah untuk mendapatkan API Key ini diperlukan SHA-1 Fingerprint dari Keystore kita.

Apa itu Keystore?

Keystore itu sendiri adalah semacam tempat dimana kita menyimpai kunci informasi pribadi untuk aplikasi yang kita buat. Kalau diterjemahkan secara sederhananya, keystore adalah sertifikat yang dibuat oleh user yang digunakan untuk menandatangani aplikasi android buatan kita.

Jenis-jenis Keystore di Android

Keystore untuk aplikasi android dibagi menjadi 2 bagian:
  1. Debug Keystore
    Setiap aplikasi android yang dibuat menggunakan Android SDK biasanya secara otomatis juga men-generate Keystore ketika aplikasi di run atau diinstall untuk pertama kalinya.
  2. Release Keystore
    Tidak otomatis seperti bersi debug, Release Key ini dibuat secara manual oleh developer untuk setiap aplikasi yang akan dirilis karena memerlukan data kredensial pribadi.

Balik lagi ke SHA-1 Key, aku beberapa bulan yang lalu ada sedikit masalah mengenai SHA-1 Key untuk aplikasiku yang menggunakan layanan Google Maps, tampilannya blank dan peta tidak muncul. Setelah aku telusuri ternyata untuk bisa menampilkan peta setelah aplikasi terupload ke playstore kita harus melakukan generate SHA-1 Key untuk Release Mode. 

Bagaimana caranya? Nih aku kasih tahu caranya.

Cara  Mandapatkan SHA-1 Key Untuk Mode Debug dan Release di Android Studio

Untuk mendapatkan SHA1-Key versi debug di komputer kita, kita bisa menjalankan perintah berikut di Terminal/CMD:

Untuk Windows:

keytool -list -v -keystore "%USERPROFILE%\.android\debug.keystore" -alias androiddebugkey -storepass android -keypass android

Untuk Linux dan Mac:

keytool -list -v -keystore ~/.android/debug.keystore -alias androiddebugkey -storepass android -keypass android 

Kita akan mendapatkan result seperti ini:

SHA-1 Mode debug
Tampilan SHA-1 Debug Mode

Nah, akan tetapi SHA1-Key ini tidak akan berjalan jika kita mengupload aplikasi di Playstore, karena SHA1-Key yang diatas adalah untuk versi debug. Sedangkan untuk bisa dipakai di Playstore SHA1 yang dibutuhkan adalah versi Release. Bagaimana caranya?

Untuk bisa mendapatkannya kita pertama buat keystorenya terlebih dahulu di Android Studio. di Menu Build -> Generate Signed Bundle/APK,

Silahkan dilengkapi data-data untuk keystore Anda, contohnya seperti ini :

Membuat keystore di android studio
Membuat keystore di android studio

Setelah Keystore sudah kita buat, saatnya kita untuk melakukan generate SHA1 untuk versi release. Jalankan perinta berikut di Terminal/CMD :

keytool -list -v -keystore {keystore_name} -alias {alias_name}

{keystore_name} diisi dengan nama dan path dari Keystore yang sudah kita buat sebelumnya, dan {alias_name} juga diisi dengan alias dari data keystore yang kita buat.

Contohnya seprti dibawah ini :

keytool -list -v -keystore Dropbox/Keystore\ Aplikasi\ PlayStore/simoker2019.jks -alias pti

Setelah menjalankan perintah diatas, kita akan diminta untuk memasukkan Password dari keystore kita, masukkan password dan hasilnya adalah sebagai berikut :

Setelah menjalankan perintah diatas, kita akan diminta untuk memasukkan Password dari keystore kita, masukkan password dan hasilnya adalah sebagai berikut :

Generate SHA-1 mode release
Generate SHA-1 mode release

Dengan demikian kita sudah bisa melakukan generate SHA1-Key untuk versi rilis.

Demikian catatan singkat saya tentang Generate SHA1-Key Release Mode, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dikemudian hari.

Referensi:
https://www.truiton.com/2015/04/obtaining-sha1-fingerprint-android-keystore/

Opini Tekno

Ngobrolin tentang Teknologi Terupdate. Penikmat Teknologi, Merapat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama