5 Alasan Kamu Harus Menunda Update Windows 11

5 Alasan Kamu Harus Menunda Update Windows 11
Windows 11 | Source: Microsot Documentation

Beberapa saat yang lalu, tepatnya pada tanggal 5 Oktober 2021, Microsot meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 11. Sekilas dari tampilan tidak terlalu ada perubahan yang signifikan dari versi Windows 10, namun di sistem operasi terbarunya ini Microsoft memberikan fitur yang lebih banyak dan lebih baik dari sebelumnya.

Peningkatan yang lebih signifikan yaotu pada bagian performa, untuk menjalankan aplikasi dan game di Windows 11 menjadi semakin smooth dan kencang, Untuk multi-tasking juga lebih mudah diakses ketika harus berpindah-pindah aplikasi dengan cepat.

Namun, dibalik beberapa fitur keren yang ditawarkan Microsoft pada OS terbaru mereka, ada beberapa hal yang menurut Kami yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pembaruan ke Windows 11. Berikut beberapa hal mengapa sebaiknya kamu menunda terlebih dahulu untuk update ke Windows 11.

5 Alasan Mengapa Sebaiknya Kamu Menunda untuk Update Windows 11

PC / Laptop Belum Support Windows 11

Untuk dapat menginstal atau update ke Windows 11, salah satu requirement dari Microsoft yaitu PC atau laptop kamu harus mendukung TPM 2.0. Dan ini menjadi syarat yang wajib dipenuhi untuk bisa melakukan update ke Windows 11.

TPM 2.0 itu sendiri adalah singkatan dari Trusted Platform Module. TPM berupa chip yang terpasang di motherboard dengan fungsi untuk proteksi keamanan tambahan pada hardware (perangkat keras) kamu. Jika Laptop kamu tidak mendukung TPM 2.0 ini maka Windows 11 tidak dapat dipasang di komputer kamu.

Hal ini akan ditandai dengan notifikasi saat melakukan instalasi. Notifikasi tersebut akan memberitahu bahwasanya device kamu belum memenuhi minimum requirement untuk update ke Windows 11. Jadi mau mempertimbangkan membeli laptop baru untuk install Windows 11?

User AMD di Windows 11 Mengalami Penurunan Performa

Beberapa user dengan prosesor AMD mengeluhkan performa yang buruk dari Windows 11 untuk PC / Laptopnya. Setelah ditelusuri ternyata setidaknya ada 2 alasan mengapa Windows 11 di prosesor AMD performanya kurang baik.

Pertama, Windows 11 sangat mempengaruhi teknologi inti dari prosesor AMD yang menggeser thread ke inti tercepat prosesor. Dimana hal ini dapat mempengaruhi kinerja device saat menjalankan program / game yang menitikberatkan pekerjaan pada CPU

Kedua, dikarenakan latensi dari L3 yang meningkat 3x lipat dari biasanya di Windows 11, hal ini menyebabkan penurunan performa saat membuka aplikasi atau bermain game tertentu

Kehilangan Data Saat Update ke Windows 11

Apakah memungkinkan kehilangan data saat update ke Windows 11? Jawabannya bisa Iya bisa juga tidak. Iya, kalau kamu melakukan updatenya secara Clean Install, jadi install dari awal. Bisa juga tidak, karena Windows memberikan fitur untuk upgrade tanpa takut kehilangan data.

Namun, walaupun Microsoft memberikan fitur upgrade tanpa kehilangan data, resiko kehilangan data tetap bisa terjadi saat proses upgrade. Salah satu contohnya ketika saat proses update berlangsung tiba-tiba mati listrik, atau tiba-tiba koneksi internet terputus saat proses update. Sangat mungkin terjadi bukan?

Jadi bagaimana, masih ragu atau sudah mantep buat upgrade?

Belum Tersedianya Fitur Menjalankan Aplikasi Android

Beberapa waktu sebelum dirilisnya Windows 11, Microsoft mengumumkan bahwasanya pada update terberu sistem operasi mereka memungkinkan untuk bisa menjalankan aplikasi Android secara langsung tanpa menggunakan Emulator.

Namun sampai Windows 11 dirilis, fitur ini belum tersedia untuk digunakan, kalau menurut Opini Tekno sih mungki fitur ini masih dalam proses pemasangan dan akan segera bisa digunakan di update patch selanjutnya.

Mau langsung Update atau nunggu dulu sampai fitur ini benar-benar jalan di Windows 11?

Beberapa Program Belum Berjalan Maksimal di Windows 11

Beberapa user yang sudah update ke Windows 11 ada yang mengalami sedikit masalah terkait kompatibilitas aplikasi. Mungkin karena masih baru kali yaa, jadi tidak semua aplikasi yang berjalan di versi sebelumnya dapat berjalan dengan baik di Windows 11.

Salah satu game yang banyak dimainkan juga terdampak pada update Windows 11 ini, yaitu Game Valorant, beberapa kasus dilaporkan bahwa Win 11 tidak bisa membuka aplikasi Valorant. Terdapat pesan error berbunyi: "This build of Vanguard requires TPM version 2.0 and secure boot to be enabled in order to play".

Aplikasi apa lagi yang kamu temui tidak berjalan maksimal saat upgrade ke Windows 11?

Opini Tekno

Ngobrolin tentang Teknologi Terupdate. Penikmat Teknologi, Merapat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama