Windows 11 SE Resmi Diluncurkan, Apa Saja Bedanya dari Windows 11 Biasa?

Windows 11 SE Preview
Dokumentasi Microsoft

Baru-baru ini Microsoft secara resmi merilis Windows 11 SE yang akan menyasar segmen pendidikan. Belum ada keterangan yang jelas mengenai kepanjangan dari SE pada versi ini, mungkin "Simple Edition" karena tampilannya lebih sederhana atau bisa juga "Student Edition" karena menyasar segmen pelajar.

Karena sama-sama menyasar segmen edukasi dan pendidikan maka banyak yang berkomentar kalau Windows 11 SE ini seperti ChromeOS besutan Google. Windows 11 SE ini akan dipasang di Laptop Surface SE.

Mengutip dari situs resmi Microsoft, Windows 11 SE dikhususkan untuk tenaga pendidik yang membutuhkan perangkat belajar mengajar yang aman, lebih sederhana dan bebas gangguan bagi siswa, serta perangkat yang bisa bekerja dengan baik dan stabil selama periode tahun ajaran.

Microsoft melakukan beberapa penyesuaian dari segi tampilan dan fitur pada Windows 11 SE ini tujuannya agar sostem operasi ini lebih ramah untuk digunakan pada proses kegiatan belajar mengajar. Sasaran utama Microsoft merilis versi SE ini adalah untuk kalangan sekolah dasar dan sekolah mengenah pertama.

Apakah ada perbedaan antara Windows 11 biasa dengan Windows 11 SE? Secara garis besar sih keduanya sama hanya saja ada beberapa penyesuaian untuk versi SE. Berikut perberdaan antara Windows 11 SE dan Windows 11:

  1. Microsoft menghilangkan widget pada Windows 11 SE karena dianggap mengganggu kegiatan belajar mengajar.
  2. Windows SE hadir dengan tampilan single-mode yang lebih sederhana dibandingkan Windows 11 biasa yang menggunakan multiline.
  3. Semua dokumen otomatis dibackup ke OneDrive secara default. Di Windows 11 biasa fitur ini tidak aktif.
  4. Microsoft Edge akan dikonfigurasi untuk dapat menerima ekstensi Chrome, di Windows 11 biasa tidak diaktifkan.
  5. Dan Walpaper yang dihadirkan di Windows 11 lebih berwarna.

Microsoft juga secara default menyertakan Office 365 sebagai pre-installed apps di perangkat yang menjalankan Windows 11 SE. Aplikasi Office 365 ini nantinya akan selalu berjalan dalam mode fullscreen ketikan digunakan.

Aplikasi penunjang kegiatan belajar seperti Zoom untuk online class dan Chrome akan didukung oleh microsoft di perangkat Windows 11 SE. Microsoft berharap Windows 11 SE ini akan bisa digunakan untuk pendidikan akhir tahun ini sampai awal tahun 2022.

Opini Tekno

Ngobrolin tentang Teknologi Terupdate. Penikmat Teknologi, Merapat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama